Pemberdayaan Komunitas

Pemberdayaan Komunitas


Assalamualaikum para pembaca yang baik. Sebelumnya,perkenalkan dulu nama saya Shofiyah dari kelas XII IPS 4 SMA Negeri 1 Pamotan.
Saya akan menceritakan kegiatan Learning  Tour di Wisata Aalam Pagar Pelangi yang terletak di desa Dadapan.
Pada hari Selasa tanggal 26 Oktober 2021,Saya melaksanakan kegiatan Learning Tour bersama teman-teman.
Sebelumnya apakah para pembaca ini sudah mengetahui wisata Pagar pelangi? Jika kalian belum tahu maka saya menyarankan agar kalian datang ke tempat ini, pagar pelangi merupakan tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam yang baik buat kalian yang pencinta alam. Pagar pelangi terletak di desa dadapan kecamatan Sedan kabupaten Rembang. Tempat ini dikelola oleh pondok pesantren yang ada di dadapan dan beberapa masyarakat yang ikut mengelola nya. Perjalanan saya menuju kesana rencana awalnya pada pukul 08:00 WIB, tetapi karena kendala adanya tamu yang datang ke sekolah kami jadi perjalanan ke sana dimulai pada pukul 10:00 WIB. Jalanan untuk menuju pagar pelangi sangat perjalanan untuk menuju pagar pelangi bagus, jalannya dilapisi oleh aspal sehingga memudahkan untuk para pengunjung untuk pergi ke sana.

Pagar Pelangi, memiliki pemandangan berupa hamparan sawah yang luas dan hijau. Saat pertama kali masuk pagar pelangi kami disambut oleh owner pagar pelangi yaitu Bapak Abadi. Beliau yang menjadi tour leader kami saat berada di pagar pelangi. Kesan pertama saya saat melihat pagar pelangi yaitu  dia memiliki pemandangan yang hijau dan asri. Selain memiliki pemandangan yang hijau dan asri,pagar pelangi juga menawarkan banyak spot foto yang menarik. Bapak abadi bilang bahwa spot foto yang ada di pagar pelangi dibuat oleh para santri pondok pesantren RN ASA. Untuk biaya pembuatan pagar pelangi menggunakan uang kas.

Ide awal terbentuknya pagar pelangi itu sendiri karena adanya covid-19 sehingga tidak ada acara tahunan, sehingga uang iuran kas digunakan untuk membuat destinasi wisata yang kini banyak dikunjungi orang. Pengelola pagar pelangi sendiri yaitu para santri mulai dari penjaga tiket dan penjual makanan ringan dan ada beberapa juga masyarakat atau warga setempat yang menjual makanan tradisional di pagar pelangi.

Pagar pelangi juga menawarkan para pengunjung dengan makanan tradisional yang dibuat oleh masyarakat sekitar dan dijual. Dan ada beberapa santri juga yang menawarkan jualannya. 

Selain wisata alam dan makanan tradisional yang dijual di sana  pagar pelangi juga menawarkan adanya kolam renang sehingga banyak orang tua yang mengajak anaknya untuk pergi ke wisata Pagar pelangi. Untuk tiket masuknya yaitu Rp2000,00 saja. Harga tiketnya sangat terjangkau dan fasilitas yang ada di pagar pelangi juga banyak jadi banyak masyarakat yang berada di daerah lain tertarik untuk mengunjungi pagar pelangi selain para masyarakat para anak muda juga banyak yang berkunjung di pagar pelangi.


Pagar pelangi juga membuat gazebo untuk para wisatawan yang berkunjung di sana sebagai tempat beristirahat. Sisi menarik dari pagar pelangi yaitu di tempat ini memiliki wisata alam yang alami dan memiliki angin yang sejuk sehingga cocok untuk orang  yang membutuhkan self healing.

Setelah selesai melakukan wawancara  guru saya memberikan kenang-kenangan kepada owner pagar pelangi yaitu Bapak Abadi.


Kegiatan wawancara dengan bapak Abadi.

Setelah penyerahan kenang-kenangan kami melakukan sesi foto bersama.

Sekian dari saya itulah cerita perjalanan yang saya lakukan di pagar pelangi apabila ada kesalahan kata saya mohon saran dan kritikannya sehingga saya bisa memperbaikinya jadi lebih baik lagi.

Wassalualaikum wr wb

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Saya